Braille di mesin ATM pada tombol kiri kanan layar, ini arti huruf tersebut.

Braille di mesin ATM pada tombol kiri kanan layar, ini arti huruf tersebut.
foto: infobisnislegit.com

Braille di mesin ATM pada tombol kiri kanan layar, ini arti huruf tersebut – Pernah gak sich terfikir oleh Kita kalo selama ini tombol-tombol dikiri dan kanan layar ATM ternyata terdapat huruf Braille?

Atau barangkali cuma Saya (penulis) aja yang baru tau kali ya? 😀 tapi bener lho selama ini setiap kali ke ATM selalu ngeliat titik-titik tersebut ada di tiap-tiap tombol, dan bener-bener gak nyangka kalo itu huruf Braille. 😀

Jadi selama ini Saya mengira itu cuma hiasan biasa seperti yang terdapat pada tombol-tombol lain, biar tombol gak licin kalo di pencet gitu… 😀 jadi malu dan geli juga rasanya setelah nyadar kalo titik-titik tersebut ternyata adalah huruf Braille.

Nah… bagi teman-teman yang ternyata baru tau juga sama kayak Saya kalo Huruf Braille ada di mesin ATM, berikut ditulisan ini Saya akan share untuk berbagi pengetahuan ke teman-teman semua.

Sebenarnya Apa sich huruf braille itu ya?

Menurut informasi yang Saya baca di situs wikipedia.org huruf braille awalnya di temukan oleh seorang laki-laki yang berasal dari Negara Francis yang bernama Louis Braille yang menderita kebutaan semenjak kecil.

Inspirasi untuk menciptakan huruf Braillle tersebut didapat dari seorang mantan Perwira Artileri Napoleon Charles Barbier yang menggunakan tulisan kombinasi antara titik dan garis timbul

Cara tersebut Sebagai sarana komunikasi dengan prajuritnya di waktu malam sehingga dapat dibaca dengan cara meraba tulisan tersebut.

BACA JUGA : Di Trona Jamtos Jambi ternyata bisa belanja lewat Wa aja lho!

Pada saat itu tulisan terebut dikenalah dengan nama “Night Writing” yang artinya Tulisan Malam.

Untuk memenuhi kebutuhan penyandang tunanetra dalam membaca, Louise Braille melakukan uji coba kepada sejumlah kawan yang menyandang tunanetra.

Dan hasilnya para penyandang tunanetra tersebut lebih merespon titik-titik yang timbul ketimbang garis timbul sehingga dikenalah dengan nama huruf Braille diambil dari Nama penemunya.

Penggunaan huruf Braille pertama kali diterapkan pada L’Institution Nationale des Jeunes Aveugles, Paris yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar para siswa yang menyandang tunanetra.

Namun pada saat itu huruf Braille tersebut menuai Kontroversi sehingga sampai terjadi pelarangan penggunaan huruf Braille tersebut dengan alasan tulisan dan bacaan tersebut tidak lazim…

“Hmmm…. kayaknya jaman dulu suka gitu ya, yang aneh-aneh dikit dilarang, atau istilahnya agak tabu tidak sesuai kebiasan merupakan suatu pelanggaran di kehidupan lalu itu ya”

Namun pada tahun 1847 huruf Braille tersebut diperbolehkan lagi pemakaiannya, dan disahkan oleh pemerintah Francis pada tahun 1851 sampailah menyebar keseluruh dunia hingga diabad ke-19.

Hingga rumah kediaman Louse Braille dijadikan meseum oleh The World Council for the Welfare of the Blind (Dewan Dunia untuk Kesejahteraan Tunanetra) pada tahun 1956.

Arti Huruf Braille di Tombol Kiri dan Kanan Layar ATM

Braille di mesin ATM pada tombol kiri kanan layar, ini arti huruf tersebut.
foto: infobisnislegit.com

Untuk Huruf Braille yang ada ditombol ATM diatas. Saya mengambil gambar dari mesin ATM BCA ya teman-teman .

Jadi arti huruf Braille yang ada di sebelah kiri dan kanan layar monitor ATM mulai dari kiri atas ke kanan bawah seperti gambar diatas adalah #1, #2, #3, #4, #5, #6, #7, dan #8

Namun menurut Saya kalo memposisikan sebagai seorang penyandang Tunanetra, tetaplah menyulitkan jika menggunakan ATM walaupun terdapat huruf Braille, karna menurut Saya fungsinya tidak efektif…

Nah… teman-teman itulah sejarah singkatnya awal ditemukannya Huruf Braille, mudah-mudahan dengan tulisan diatas dapat menambah pengetahuan Kita untuk mengenal huruf Braille.

Dan jangan lupa untuk slalu bersyukur pada Allah SWT. Bahwa Kita masih diberikan kenikmatan melihat dengan baik. 🙂

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *